Selasa, 13 Oktober 2015

Tugas Softskill 1 (Pengantar Bisnis Informatika)

Nama: Novi Anggrayani

Kelas: 4IA21

NPM: 55412389


PROFIL PERUSAHAAN YANG BERGERAK DI BIDANG IT
  PT. XL AXIATA




   Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata menjadi yang terbaik di wilayah Asia, dan dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad dengan saham sebesar 66,55% dan selebihnya menjadi milik publik dengan saham sebesar 33,45%. 
  • Transformasi

XL Axiata telah bertransformasi sejak mulai beroperasi secara komersial satu dekade silam.
  • Aliansi
XL Axiata tergabung dalam aliansi untuk menghadirkan inovasi dan cepat beradaptasi dalam perubahan yang terjadi di industri.

  • Sejarah



Perkembangan XL Axiata sampai menjadi operator seluler terkemuka di Indonesia.
  • Nilai

 XL Axiata berkomitmen terhadap visinya untuk menjadi operator seluler nomor satu di Indonesia.
  • Strategi

 XL Axiata memiliki strategi terpercaya untuk selalu menjadi yang terbaik.
  • Penghargaan

Layanan terbaik XL Axiata selama ini telah dianugerahi berbagai penghargaan.



PERKEMBANGAN PERUSAHAAN PT. XL AXIATA

PT XL Axiata Tbk. ("XL") didirikan pada tanggal 6 Oktober 1989 dengan nama PT Grahametropolitan Lestari, bergerak di bidang perdagangan dan jasa umum. Enam tahun kemudian, XL mengambil suatu langkah penting seiring dengan kerja sama antara Rajawali Group – pemegang saham PT Grahametropolitan Lestari – dan tiga investor asing (NYNEX, AIF, dan Mitsui). Nama XL kemudian berubah menjadi PT Excelcomindo Pratama dengan bisnis utama di bidang penyediaan layanan telepon dasar. 

Pada tahun 1996, XL mulai beroperasi secara komersial dengan fokus cakupan area di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Hal ini menjadikan XL sebagai perusahaan tertutup pertama di Indonesia yang menyediakan jasa telepon dasar bergerak seluler. 
Bulan September 2005 merupakan suatu tonggak penting untuk XL. Dengan mengembangkan seluruh aspek bisnisnya, XL menjadi perusahaan publik dan tercatat di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia). Kepemilikan saham XL saat ini mayoritas dipegang oleh Axiata Group Berhad (“Axiata”) melalui Indocel Holding Sdn Bhd (66,7%) dan Emirates Telecommunications Corporation (Etisalat) melalui Etisalat International Indonesia Ltd. (13,3%).

XL pada saat ini merupakan penyedia layanan telekomunikasi seluler dengan cakupan jaringan yang luas di seluruh wilayah Indonesia bagi pelanggan ritel dan menyediakan solusi bisnis bagi pelanggan korporat. Layanan XL mencakup antara lain layanan suara, data dan layanan nilai tambah lainnya (value added services). Untuk mendukung layanan tersebut, XL beroperasi dengan teknologi GSM 900/DCS 1800 serta teknologi jaringan bergerak seluler sistem IMT-2000/3G. XL juga telah memperoleh Ijin Penyelenggaraan Jaringan Tetap Tertutup, Ijin Penyelenggaraan Jasa Akses Internet (Internet Services Protocol/ISP), Ijin Penyelenggaraan Jasa Internet Teleponi untuk Keperluan Publik (Voice over Internet Protocol/VoIP), dan Ijin Penyelenggaraan Jasa Interkoneksi Internet (“NAP”).
Visi dan misi :
Visi perusahaan
Menjadi juara seluler Indonesia memuaskan pelanggan, pemegang saham, dan karyawan.
Misi perusahaan
-          Harga terjangkau dengan pilihan produk dan layanan yang menarik dan memberikan nilai lebih bagi pelanggan.
-          Meningkatkan pengalaman pelanggan.
-          Memastikan pengolaan beban jaringan yang memadai dan memaksimalkan kapasitas serta kualitas.
-  Mempertahankan keuntungan dengan terus meningkatkan pangsa pasaqr seiiring dengan upaya untuk tetap mempertahankan organisasi yang ramping dan manajemen biaya yang cermat.
-          Menggunakan kesempatan dalam layanan data dan value added services.
-       Meningkatkan efisiensi dalam system distribusi untuk menghasilkan jaringan distributor dengan kinerja yang tinggi, loyal, dan produktif.
-          Memperkuat atribut merk


CLIENT PT. XL AXIATA

PT. AXIS Telekom Tbk

Bekerja sama sejak tahun 2006.
Pekerjaan yang kami tangani antara lain:
Area Sales Representative (ASR), Direct Sales Representative (DSR), Customer Service, Admin Finance / Procurement.
Tower Bersama Group
Bekerja sama sejak tahun 2012
Pekerjaan yang kami tangani antara lain:
CME Engineer, Sitac Engineer, Admin.
PT. ICI Paints Indonesia
Bekerja sama sejak tahun 2012
Pekerjaan yang kami tangani antara lain:
CME Engineer, Sitac Engineer.
PT. Telesindo Shop
Bekerja sama sejak tahun 2010.
Pekerjaan yang kami tangani antara lain:
Canvasser, Staff Admin, Admin Sales.
PT. NERA Indonesia
Bekerja sama sejak tahun 2009.
Pekerjaan yang kami tangani antara lain:
Engineer Backbone
PT. Reckitt Benckiser
Bekerja sama sejak tahun 2007.
Pekerjaan yang kami tangani antara lain:
SPG / SPB Reguler, Team Leader, Sales Detailer, Merchandiser, SPG Event
PT. Cipta Mortar Utama
Bekerja sama sejak tahun 2006.
Pekerjaan yang kami tangani antara lain:
SPG/SPB, Sales Representative, Team Leader, Technical Support, Admin Invoicing & Finance.
PT. Catur Sentosa Adiprana
Bekerja sama sejak tahun 2011.
Pekerjaan yang kami tangani antara lain:
SPG Reguler, Helper, Security
PT. Karyamegah Adijaya
Bekerja sama sejak tahun 2011.
Pekerjaan yang kami tangani antara lain:
DS, SPG, Admin, Customer Service
PT. Central Tivi Digital
Bekerja sama sejak tahun 2011
Pekerjaan yang kami tangani antara lain:
DSA, Admin Sales, Data Entry

CORE BISNIS TI PT. XL AXIATA

1. Mengembangkan sistem berbasis web menggunakan teknologi yang lebih tinggi dari yang dimiliki oleh perusahaan        pesaing. 
2. Mengembangkan distribusi online dengan teknologi tinggi yang telah dimiliki.
3. Meningkatkan kecepatan delivery program dengan menggunakan teknologi tinggi yang dimiliki. 
4. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi sistem pembayaran untuk meningkatkan keunggulan daya saing.  

Sumber : http://yudadhay.blogspot.co.id/2014/11/tugas-softskill-profil-perusahaan-yang.html 
                 http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab5/2012-2-01565-SI%20Bab5001.pdf



Tidak ada komentar:

Posting Komentar